Praktikum Prodi Manajemen Pendidikan Islam Semester Ganjil 2021/2022

Share Informasi ini

Jambi, 19/01/2022). Dalam upaya beradaptasi dengan kenormalan baru, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, melaksanakan praktikum secara offline terbatas di masa pandemi Covid-19. Praktikum yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 tersebut di mulai tanggal 19 Januari 2022 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Adapun praktikum yang dilakukan adalah mata kuliah praktikum untuk pengajaran semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

Arfika, salah satu Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam mengaku sangat bersyukur bisa melaksanakan praktikum secara offline. Baginya, melaksanakan praktikum secara offline akan lebih memudahkan dirinya memahami materi dan bisa secara langsung mempraktekkan pembelajarannya selama ini.

Demikian halnya dengan Joni, yang juga merupakan mahasiswa prodi MPI, mengungkapkan kegembiraannya, akhirnya bisa melaksanakan praktikum secara offline. Ulin merasa senang bisa melaksanakan praktikum secara offline, karena menurutnya melaksanakan praktikum secara online terasa berbeda dengan saat kita melaksanakan praktikum offline. “Saat melaksanakan praktikum secara offline, kita bisa secara mandiri praktik dan langsung memegang alatnya, sehingga ketika ada permasalahan, dapat langsung ditanyakan pada dosen pengampu,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Mahmud MY, M.Pd selaku Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam menyampaikan bahwa pelaksanaan praktikum secara offline dilatar belakangi dengan adanya pertimbangan tentang ketercapaian pembelajaran terutama dari sisi skill. “Meskipun di masa pandemi seperti saat ini, tidak berarti kegiatan belajar (praktikum) menjadi berhenti, apalagi Prodi MPI sebagai jurusan yang mengutamakan ketercapaian pembelajaran terutama sisi skill yang nanti bisa bersaing di era 4.0,” ungkapnya saat diwawancara.

Lebih lanjut Mahmud My menjelaskan bahwa skill sangat di utamakan bagi mahasiswa MPI dalam persaingan di era digital saat ini, untuk mewujudkan skill yang diharapkan maka praktikum sangat lah penting bagi mahasiswa MPI, khususnya untuk mata kuliah  yang memang sulit dicapai dengan hanya demo/melihat video. Meskipun demikian, pelaksanaan praktikum offline harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Adapun mahasiswa yang mengikuti kegiatan praktikum ini mahasiswa semester 3 dan semester 5.

Aturan pelaksanaan praktikum secara offline, telah disosialisasikan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi secara daring melalui via zoom yang diikuti oleh mahasiswa, dosen serta tenaga administasi  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. (tek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *